Berbagai Kelainan Sel Darah Putih yang Perlu Diwaspadai

Berbagai Kelainan Sel Darah Putih yang Perlu Diwaspadai

Sel darah putih alias leukosit adalah sel yang emmbentuk komponen darah. Sel darah putih ini bermanfaat untuk menolong tubuh melawan beberapa penyakit infeksi sebagai tahap dari sistem kekebalan tubuh.

Berbagai Kelainan Sel Darah Putih yang Perlu Diwaspadai

Didalam tubuh, leukosit tak berasosiasi dengan cara ketat dengan organ alias jaringan tertentu, tetapi mereka bekerja dengan cara independen semacam organisme sel tunggal. Leukosit dapat bergerak dengan cara leluasa dan berinteraksi dan meringkus serpihan seluler, ppostingan asing, alias mikroorganisme penyusup. Tak hanya itu, leukosit juga tak dapat membelah diri alias bereproduksi dengan tutorial mereka sendiri, tetapi mereka adalah produk dari sel punca hematopoietic pluripotent yang ada pada sumsum tulang.

Meskipun mempunyai manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan, tetapi sel darah putih juga dapat mengalami dismanfaat yang menyebabkan timbulnya beberapa kelainan sel darah putih. Kelainan darah adalah sebuahkeadaan dimana tersedia gangguan pada manfaat darah dalam tubuh.

Sel darah putih dapat mengalami beberapa kelainan. Kondisi ini dikelompokkan berdasarkan jumlah ataupun manfaat dari sel darah putih itu sendiri. Diantara tak sedikitnya kelainan yang dapat terjadi pada sel darah putih, berikut ini adalah beberapa kelainan sel darah putih yang tak jarang terjadi, diantaranya yaitu :

Leukemia
Anda mungkin telah tak asing lagi dengan penyakit leukemia. Ini adalah salah satu tipe kanker darah, dimana sel darah putih menjadi ganas dan bertambah tak sedikit (leukositosis) di sumsum tulang.

Tersedia beberapa tipe leukemia, dan dengan cara umum dibagi menjadi dua berdasarkan progresivitasnya, yaitu akut dan kronik. Pada leukemia akut, gejala bakal muncul dengan cara cepat dan memkurang baik dengan cepat. Sedangkan leukemia kronik biasanya terjadi lebih lambat.

Leukemia dapat terjadi pada siapa pun, baik anak ataupun dewasa. Gejala yang muncul biasanya berupa anemia alias ketidak lebihan sel darah merah sebab produksi sel darah merah ditekan oleh sel darah putih yang ganas, gusi mudah berdarah, tak jarang muncul memar di kulit, penurunan berat badan dan nafsu makan.

Mieloma multipel (multiple myeloma)
Mieloma multipel (MM) adalah keganasan yang terjadi pada salah satu tahap dari sel darah putih, yaitu sel plasma. Penyakit ini tak jarang juga disebut sebagai leukemia sel plasma (plasma cell leukemia). Sel plasma bertambah tak sedikit dan mengeluarkan protein M yang dapat merusak organ tubuh, semacam ginjal. tulang, dan saraf.

Gejala umum yang tak jarang tilmbul dampak mieloma multipel yaitu diantaranya nyeri tulang, patah tulang, perdarahan kulit dan gusi, anemia, badan lemas, sampai gagal ginjal.

Limfoma
Sama halnya dengan leukemia, limfoma juga adalah salah satu tipe kanker darah yang terjadi pada sistem limfatik (kelenjar getah bening). Kelenjar ini bermanfaat untuk memproduksi salah satu tipe sel darah putih, yaitu limfosit.

Sewajibnya limfosit bermanfaat untuk membentuk antibodi dan mencegah tubuh supaya tak terkena infeksi virus. Tetapi, pada limfoma, limfosit bertambah tak sedikit, tak terkendali, dan berubah sifat menjadi ganas.

Gejala umum dari limfoma yaitu pembesaran kelenjar getah bening, biasanya ini berasal di leher alias ketiak, batuk, sesak napas, demam, badan lemas, dan penurunan berat badan.

Sindrom mielodispiastik (Myelodyspiastic syndrome)
Myelodyspiastic syndrome (MDS) adalah kanker darah yang terjadi pada sumsum tulang. Pada kondisi ini, sumsum tulang memproduksi sel darah yang belum matang (imatur) yang disebut dengan blast. Sel muda tersebut bertambah tak sedikit jadi menekan produksi sel yang matang dan sehat.

Biasanya MDS terjadi dengan cara lambat, tetapi dapat berubah menjadi leukemia. Gejalanya serupa dengan leukemia, yaitu anemia, gusi berdarah, badan lemas, tubuh mudah memar, dan penurunan berat badan.

Beberapa kelainan sel darah putih tersebut tak jarang menunjukkan gejala yang tak khas dan susah dibedakan satu sama lain. Maka dari itu, apabila Kamu alias anak buah keluarga tak jarang mengalami keluhan badan lemas, nyeri di seluruh tubuh, gusi mudah berdarah, tubuh mudah lebam, dan penurunan berat badan dengan cara drastis, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Untuk memastikan diagnosisnya, pemeriksaan penunjang semacam radiologi alias laboratorium wajib diperbuat. Terus dini dideteksi dan diatasi, maka kemungkinan untuk sembuh juga bakal terus tinggi.


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top